Kerja Sama Apex, Bank Jateng Gandeng BMT

Bank Jateng

SOLO – Bagi BMT atau Baitul Maal wa Tamwil, kini tak perlu pusing memikirkan likuiditas keuangan dalam menyalurkan pembiayaan bagi nasabah atau anggota. Karena, melalui program apex, Bank Jateng mengalokasikan dana senilai Rp 100 miliar bagi para BMT di wilayah Jawa Tengah (Jateng) dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Dana tersebut disalurkan melalui Induk Koperasi Syariah (Inkopsyah) BMT selaku koordinator, terutama bagi BMT yang asetnya masih kecil. Sedangkan BMT yang asetnya besar, bisa langsung berhubungan ke Bank Jateng Cabang Syariah Surakarta yang ditunjuk Bank Jateng pusat.

Dari dana yang disediakan senilai Rp 100 miliar itu untuk sementara baru Rp 20 miliar yang disiapkan. Bagi BMT yang mau terlibat dalam program apex itu, setidaknya harus menyetor dana deposit ke Bank Jateng yang besarannya kini tengah dirumuskan.

150 BMT

“Sudah ada 150 BMT di Jateng yang mengantre untuk mengikuti program apex ini. Nilai yang diajukan bervariasi, mulai Rp 500 juta hingga Rp 5 miliar,” kata Direktur Operasional dan Syariah Bank Jateng, Hanawijaya.

Hal itu dikatakan usai menyaksikan penandatanganan kerja sama pembiayaan sindikasi Bank Jateng dengan Inkopsyah di Hotel Solo Paragon, Selasa (9/8), bersama Direktur Utama Bank Jateng Supriyatno. Usai penandatanganan dilanjutkan sosialisasi.

Ketua Inkopsyah BMT, Abdul Majid Umar menyambut baik kerja sama itu. Sebab dalam kerja sama, Bank Jateng tidak hanya menyediakan dana bagi BMT untuk disalurkan lagi bagi para pelaku usaha mikro kecil dan menengah, tapi juga ikut memberdayakan BMTdengan memberi berbagai pelatihan dan berbagai program kegiatan.

Hal senada dikatakan Direktur utama Bank Jateng Supriyatno. “Dalam memberdayakan para pelaku usaha mikro kecil dan menengah, tidak mungkin kita masuk pada wilayahwilayah yang kecil dan sempit, makanya kita menggandeng BMT untuk bekerja sama,” kata Supriyatno. (G8-69)

Sumber : http://berita.suaramerdeka.com/smcetak/kerja-sama-apex-bank-jateng-gandeng-bmt